MENKEU PANGKAS PROYEKSI PERTUMBUHAN EKONOMI

07 September 2017, 15.56 WIB


image

Pemerintah dalam menetapkan Anggaran Penerimaan dan Balanja Negara (APBN) 2017 memberikan penetapan terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini berada di 5,2%. Namun, pemerintah nampaknya masih belum yakin target tersebut bisa tercapai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan bahwa, pertumbuhan ekonomi pada prognosis semester II hingga akhir tahun ini diperkirakan hanya bisa mencapai ke posisi 5,17%.

Selain itu, ada beberapa catatan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tersebut. Pertama kontribusi konsumen rumah tangga di semester kedua tahun 2017 ini sebesar 5%.

Terjadinya deflasi dapat mendorong daya beli masyarakat agar tidak mengalami penurunan, dan pemerintah yang melakukan percepatan dalam berbagai program juga akan tetap menjaga daya beli masyarakat. Sehingga kontribusinya bisa 5%.

Kontribusi dari sisi investasi di sepanjang tahun 2017 juga diharapkan berada di posisi 5,2%. Untuk mencapai itu, kontribusi investasi terhadap PDB selama semester II tahun 2017 harus mencapai sebesar 5,4%, hal ini dikarenakan pada semester I-2017 hanya berada di 5,1%.

Sementara kontribusi di sektor investasi terlihat masih sulit, di tambah data perbankan penyaluran kredit untuk dunia usaha diperkirakan akan mengalami perlambatan tahun ini.