Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
BI DIPREDIKSI MASIH AKAN TAHAN SUKU BUNGA

17 September 2020, 10.22 WIB


image

Pada Rapat Dewan Gubernur (RDG-BI) periode September 2020, suku bunga acuan BI atau BI 7-day reverse repo rate diprediksi masih akan tetap berada di level 4%.

Masih ditahannya suku bunga ini dikarenakan melihat faktor inflasi yang masih berada di posisi rendah dan stabilnya pasar keuangan.

Meski angka inflasi tercatat rendah serta pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menuju ke jurang resesi pada kuartal III 2020, volatilitas nilai tukar rupiah dan adanya tekanan keluar arus modal asing kemungkinan akan menjadi pertimbangan bank sentral dalam menentukan kebijakan suku bunga.

Sementara Ekonom Bank Permata menuturkan, BI cenderung akan mempertahankan suku bunga acuannya agar nilai tukar rupiah tetap stabil di jangka pendek.

Selain itu, faktor lainnya yaitu pernyataan Bank Indonesia pada RDG sebelumnya, mengenai prioritas BI untuk mengedepankan kebijakan quality easing dalam rangka mendorong perbaikan perekonomian Indonesia.

Untuk itu, peluang perubahan suku bunga BI pada RDG bulan ini masih sangat rendah.

Sementara BI kemungkinan akan memberikan stimulus melalui kebijakan non-suku bunga dalam beberapa waktu, seiring dengan masih adanya tekanan terhadap rupiah. Jika nilai tukar rupiah bergerak cenderung stabil, maka ruang untuk melakukan penurunan suku bunga menjadi semakin terbuka.