Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
BANK-BANK REGIONAL DI AS MENINGKAT

09 Februari 2021, 10.46 WIB


image

Ekonomi Amerika Serikat (AS) nampaknya sudah mulai bangkit dan orang-orang sudah mulai bisa memperoleh keuntungan. Salah satu tanda lain dilihat dari saham-saham sektor keuangan.

Berdasarkan dari CNN, Selasa (9/2/2021), Sejumlah saham perbankan daerah di AS telah mengalami peningkatan cukup pesat. Perusahaan keuangan kecil itu menghasilkan sebagian besar uang mereka dari mengambil simpanan dan menerbitkan KPR serta pinjaman usaha kecil.

Sementara tren positif tersebut berbeda dengan bank-bank di Wall Street yang melakukan bisnis signifikan dalam perdagangan saham dan obligasi, dalam memberi nasihat kepada perusahaan terkait marger dan IPO.

Sepanjang tahun 2021, ETF perbankan Regional (KRE) S&P SPDR naik hampir 15%. Kenaikan tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ETF SPDR Sektor Pilihan Keuangan yang lebih luas. (XLF) naik 5% yang pemilik utamanya yaitu JPMorgan Chase (JPM), BlackRock (BLK), Goldman Sachs (GS), Bank of America (BAC) dan Morgan Stanley (MS).

ETF Perbankan Regional merupakan bank yang cenderung berinteraksi dengan lebih banyak konsumen sehari-hari, seperti First Republic (FRC), Region Financial (RF), M&T Bank (MTB) dan Huntington Bancshares (HBAN).

Selain itu, banyak bank regional teratas telah mendapatkan keuntungan besar dari melonjaknya permintaan perumahan serta KPR selama suku bunga masih tetap rendah.

Jika kondisi perekonomian sudah kembali normal, kemungkinan masyarakat akan cenderung melakukan pinjaman untuk memberi mobil atau berbelanja lebih banyak menggunakan kartu kredit. Namun pasar itu juga dimiliki bank daerah.

Sentimen positif bank regional juga mendorong lebih banyak marger. Dalam beberapa bulan terakhir, ada sejumlah marger bank regional besar yang ikut menopang harga saham mereka.

Seperti Huntington Bancshares (HBAN) yang telah memberi TCF sekitar US$22 miliar pada bulan Desember. Kesepakatan itu yang menciptakan kekuatan bank regional di Midwest.

Akhir tahun lalu, First Citizens BancShares (FCIZP) membeli CIT Group (CIT) seharga US$2,2 miliar. Dan SVB California (SIVB) membeli Boston Private (BPFH) seharga US$900 juta pada bulan Januari lalu.

Kenaikan imbal hasil obligasi jangka panjang baru-baru ini juga diyakini tidak akan merugikan bank regional. Bank melakukan peminjaman lebih banyak namun menerima lebih banyak simpanan dari tabungan.