Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
RUPIAH MENGUAT TAJAM DI KISARAN LEVEL RP15.200/US$

13 Januari 2023, 10.06 WIB


image

Pergerakan nilai tukar rupiah menguat tinggi terhadap kurs dolar AS hari ini. Akibat anjloknya indeks dolar AS membuat mata uang Garuda kini mencatat penguatan 3 hari berturut-turut.

Data Refinitiv menunjukan, rupiah mengalami kenaikan tinggi sebesar 0,89% ke posisi Rp15.200an/US$. Angka tersebut menjadi yang terkuat sejak 7 Oktober 2022 lalu.

Penurunan indeks dolar AS terjadi setelah rilis data inflasi. Berdasarkan consumer price index (CPI) inflasi di AS untuk Desember 2022 tumbuh 6,5% year-on-year (yoy), jauh lebih rendah dari sebelumnya 7,1%. CPI tersebut juga menjadi yang terendah sejak Oktober 2021.

Selain itu, CPI inti yang tidak termasuk sektor energi dan makanan juga turun menjadi 5,7% dibanding sebelumnya 6%, dan berada di posisi terendah sejak Desember 2021.

Rilis tersebut mendorong keyakinan pasar jika The Fed akan melakukan pelonggaran terhadap laju kenaikan suku bunganya dan dapat dipangkas kembali di akhir tahun 2023.

Sebelumnya, pergerakan nilai tukar rupiah juga menguat cukup tajam dalam dua hari beruntun didorong sentimen positif dari dalam negeri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya merubah Paraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE).

Dalam revisi ini, sejumlah sektor baru masuk ke dalam daftar yang harus menempatkan DHE kepada regulator.

Jika DHE dapat bertahan lama di dalam negeri, maka pasokan dolar AS tentunya akan kembali meningkat, sehingga bisa mendorong rupiah ke jalur penguatan.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara