Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
BI DIPERKIRAKAN TAHAN SUKU BUNGA, RUPIAH KEMBALI MELEMAH

19 Januari 2023, 09.21 WIB


image

Pergerakan nilai tukar rupiah tercatat mengalami plemahan terhadap mata uang Negeri Paman Sam pada awal perdagangan pagi hari ini Kamis (19/1/2023). Investor kini tengah menanti pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI).

Berdasarkan dari Data Refinitiv, rupiah dibuka langsung ambles hingga 0,23% ke posisi Rp15.120/US$. Tidak lama kemudian, pelemahan bertambah menjadi 0,37% ke Rp15.140/US$.

Mayoritas memproyeksikan kenaikan suku bunga. Namun ada beberapa yang memprediksi bahwa Gubernur BI Perry Warjiyo dan kolega masih akan tetap mempertahankan suku bunga acuannya.

Dari 13 institusi yang ikut serta dalam pembentukan konsensus, ada 10 lembaga/institusi memprediksi jika BI akan menaikan suku bunga BI 7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 menjadi 5,75%.

Sedangkan tiga institusi/lembaga memproyeksi jika BI akan mempertahankan suk bunganya di level 5,50%.

Selain itu, Ekonom Bank Permata Josua Pardede juga memprediksi BI akan menahan suku bunga acuannya di level 5,50% di bulan ini sejalan dengan melambatnya inflasi umum dan inti.

Saat inflasi terkendali, kinerja dolar AS terhadap mata uang utama cenderung terkoreksi sehingga mendorong penguatan rupiah.

Mata uang Garuda diperkirakan akan mengalami penguatan sejalan dengan rencana revisi kebijakan Devisa Hasil Ekspor (DHE) dan operasi moneter valas BI.

Di tahun ini, transaksi berjalan juga diperkirakan akan mengalami surplus dan menopang laju mata uang Garuda.

Meski demikian, BI masih memiliki ruang untuk menaikan suku buga acuannya kisaran 50 sampai 75 bps hingga akhir tahun ini saat risk-off sentiment di pasar keuangan global cenderung naik ke depannya.

Sementara hal tersebut membuat pelaku pasar memberi perhatian penuh, sebab jika suku bunga ditahan, tentu akan memberikan risiko terhadap laju rupiah kembali tertekan.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara