Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
RUPIAH KEMBALI MELEMAH, SEIRING PENGUATAN DOLAR AS

03 Februari 2023, 10.00 WIB


image

Laju mata uang Garuda berbalik melemah terhadap kurs dolar AS di awal perdagangan hari ini Jumat (3/2/2023) setelah kemarin sempat menguat tajam. Mata uang Paman Sam yang mulai bangkit dari keterpurukan, dan penguatan tajam rupiah sepanjang tahun ini menjadi pemicu terjadinya aksi profit taking.

Nilai tukar rupiah dibuka langsung melemah 0,17% ke posisi Rp14.900/US$. Namun pada pukul 09.07 WIB, pelemahan rupiah bertambah 0,27% ke level Rp14.915/US$.

Sedangkan pada perdaganagan kemarin, rupiah menguat tajam 0,63% hingga menyentuh posisi terkuat sejak September 2022. Maka wajar jika rupiah mengalami koreksi.

Sepanjang tahun ini, mata uang Garuda sudah mengalami penguatan sebesar 4,4%, angka ini nyaris mengembalikan separuh pelemahan sepanjang tahun lalu. Hal ini tentu memicu aksi profit taking akhir pekan, sebelum dirilisnya data tenaga kerja AS malam nanti, yang dapat memberikan gambaran arah suku bunga The Fed ke depannya.

Bank sentral AS atau The Fed pada Kamis dini hari waktu Indonesia mengumumkan kenaikan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 4,5% hingga 4,75%. Kenaikan ini sesuai dengan ekspektasi pasar.

Selain itu, pernyataan dari ketua The Fed, Jerome Powell, dalam konferensi pers menjadi penyebab jatuhnya indeks dolar AS.

Ini menunjukan jika inflasi di AS sudah mencapai puncaknya, dan sedang memulai periode penurunan. Maka tekanan bagi The Fed untuk menaikan suku bunga lebih agresif semakin berkurang, perlambatan ekonomi AS juga bisa dijaga tidak terlalu dalam, yang bisa berdampak positif bagi dunia.

Indeks dolar AS jatuh sebesar 0,86% ke posisi 101,21 yang merupakan posisi terendah sejak April 2022 pada perdagangan Rabu. Namun pada perdagangan Kamis kemarin, indeks dolar AS berhasil rebound 0,5% dari posisi terendah sejak April 2022. Sehingga membuat rupiah terkoreksi.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara