Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
RUPIAH LESU DI TENGAH PENANTIAN RAPAT THE FED DAN FIT PROPER BI

20 Maret 2023, 09.52 WIB


image

Pada perdagangan awal pekan hari ini Senin (20/3/2023), pergerakan nilai tukar rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar AS.

Mengutip data Refinitiv, mata uang Garuda dibuka melemah 0,13% ke posisi Rp15.360/US$ pada pukul 09.02 WIB.

Laju rupiah pekan lalu naik turun, namun jika dilihat secara keseluruhan menguat 0,67% dan ditutup di posisi Rp15.340/US$ pada Jumat pekan lalu.

Sentimen positif yang dapat mempengaruhi laju rupiah yaitu pertemuan bank sentral AS (The Fed) serta fit proper test Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di DPR Komisi XI.

The Fed diketahu akan menggelar rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pada hari Selasa dan Rabu pekan ini waktu AS yaitu (21 hingga 22 Maret 2023).

Sedangkan Gubernur BI akan melakukan fit and proper test pada Senin pagi (20/3/2023) pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB. Harapannya DPR sudah bisa memberikan keputusan pada pukul 14.00 WIB.

Di hadapan Komisi XI, Perry akan menyampaikan misi dan visinya, termasuk dalam menjaga stabilitas nilai tukar serta kebijakan suku bunga.

Pada Kamis mendatang, pengumuman suku bunga acuan oleh bank sentral AS akan menjadi sentimen utama bagi pergerakan mata uang Garuda.

Kolapsnya Silicon Vallery Bank (SVB) dan dua bank lainnya, The Fed diperkirkaan tidak akan agresif dalam menaikan suku bunga acuannya yang dapat menguntungkan bagi rupiah.

Sementara berdasarkan dari perangkat FedWatch milik CME Group, pelaku pasar melihat ada probabilitas sebesar 80% The Fed akan menaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Kamis. Dan 20% probabilitas sisanya melihat The Fed tidak akan menaikan suku bunganya.

Ekspektasi tersebut langsung berubah cepat setelah kolapsnya SVB, sebelumnya pasar meyakini bahwa The Fed akan menaikan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin.

Dapatkan Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara